Serahkan Proses Parkir pada Ford Focus

Adelaide, KompasOtomotif – Dalam acara test drive Ford New Focus untuk para media se-Asia Pasifik, di Adelaide, South Australia, (2/9/2015), KompasOtomotif diajak untuk ”berpasrah”, bagaimanahatchback Segmen C terbaru itu sudah bisa mengerjakan berbagai tantangan parkir. Tak hanya pararel, mobil ini juga bisa parkir seri, dan pengemudi tak perlu memegang setir.

Agak ngeri kalau belum terbiasa, memercayakan sistem dan komputer pada mobil untuk parkir. Risikonya tentu besar, menabrak mobil orang atau justru mobil kita yang penyok. Namun para instruktur Ford dalam kegiatan ini kembali mengingatkan untuk pasrah pada teknologi pintar Focus terbaru.

Secara khusus, Ford mengajak jurnalis ke Birdwood, kota kecil di Adelaide Hills dekat kota Adelaide, South Australia, untuk menguji berbagai fitur yang dinamakan Enhanced Active Park Assist. Sistem ini dibangun atas dasar fitur Parallel Park Assist (parkir pararel) yang kini ditambah Perpendicular Park Assist (parkir bersebelahan/seri).

Praktik
Instruktur pegang kendali, KompasOtomotif duduk di bangku belakang untuk melihat bagaimana setir bekerja sendiri untuk parkir. Pengemudi cukup menekan tombol perintah untuk mencari lahan pakir di konsol tengah. Setelah itu muncul pilihan, mau parkir pararel atau seri. Geser tuas lampu sein ke bawah untuk memilihnya.

Misalnya parkir seri (Perpendicular Park Assits). Menggunakan peranti sonar mobil akan mencari di sisi kanan dan kiri, lalu akan memberitahukan pengemudi kalau ada area yang diperkirakan cukup. Kecepatan tak boleh lebih dari 30 kpj.
KompasOtomotif-Donny AprilianandaPerintah yang muncul pada panel. Pengemudi hanya mengikuti instruksi saat akan parkir.
Saat lokasi sudah didapat, pemberitahuan muncul, dan ikuti perintah yang ada pada panel meter. Arahkan tuas sein ke kanan kalau ada lahan parkir di sebelah kanan. Pengemudi hanya cukup memindahkan tuas perseneling mundur atau maju sesuai perintah. Lalu kaki menginjak gas atau rem. Sonar, kamera, dan sensor akan memerintahkan setir untuk bergerak sendiri.

Parkir pararel

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk parkir pararel. Bedanya, pengemudi tinggal memilih saat perintah pertama muncul setelah memencet tombol parkir di konsol tengah. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan untuk keluar dari parkir pararel.

Mobil ini juga dilengkapi fitur Park-Out Assist. Saat mobil sedang parkir, lalu akan keluar mundur dan terhalang bodi mobil lain di kanan-kiri, sistem akan mendeteksi kendaraan yang akan lewat. Bunyi peringatan akan muncul saat ada mobil berjalan mendekat, dan dianggap akan berpotensi celaka saat kita akan keluar parkir.

Yang menakjubkan adalah hasil parkir sempurna. Tidak miring, tidak terlalu mepet kanan atau kiri, depan atau belakang. Semua proporsional. Ini membuat kegiatan parkir menjadi mudah, apalagi untuk para pemula yang kurang mahir.

Pasal Sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2015/09/04/142950715/Serahkan.Proses.Parkir.pada.Ford.Focus

Related Posts:

0 Response to "Serahkan Proses Parkir pada Ford Focus"

Posting Komentar